Breaking News
Home / Uncategorized / Review Camera Mirrorless Canon EOS M6 II

Review Camera Mirrorless Canon EOS M6 II

Akhir tahun ini, Canon kembali merilis salah satu kamera mirrorless generasi kedua. Kamera dari EOS M6 ini membawa sejumlah peningkatan dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Adapun peningkatan tersebut bisa didapatkan di sensor, kecepatan hingga video 4k.

Untuk pertama kalinya sensor APS-C ini mampu mencapai hingga resolusi gambar 32 MP atau 6960×4640 piksel. Tentu saja hasil ini memakan ukuran hingga melampaui 10 MB untuk setiap file JPG nya.

Untuk desainnya sendiri memang ada kemiripan dengan desain sebelumnya, meskipun dari dimensi EOS M6 II ini lebih besar dan lebih berat dan M6 sebelumnya.

Monitor LCD masih mengangkat design lipat atas bawah serta dapat dilipat menghadap depan yang cocok digunakan saat sedang vlogging. Masalah jendela bidik masih sama, berarti camera EOS M6 II memang tidak ada jendela bidik tetapi dapat menempatkan jendela bidik opsional pada dudukan hot-shoe. Permukaan bodynya sekarang berbalut tekstur karet yang lembut serta mantap untuk dipegang.

Perbedaan paling kelihatan dari EOS M6 generasi ke-2 dengan pendahulunya ialah di bagian kanan atas, jika dulu disana ada roda kompensasi eksposur, maka sekarang ditukar jadi tombol DIAL FUNC seperti di EOS M5. Sedang pada model dial ditemukan model baru Flexible Priority (Fv) yang awalnya didapati di mirrorless EOS R.

Dari sisi jeroannya, EOS M6 II yang telah diberi processor Digic 8 ini jadi mirrorless Canon pertama yang dapat merekam video 4K full sesuai dengan lensanya tanpa ada crop, serta dengan Dual Piksel AF yang masih berperan.

Fitur Baru dari EOS M6 II ini:

  • RAW burst, memotret RAW dalam kecepatan tinggi serta dapat memperoleh momen sebelum tombol shutter ditekan (Pre-shooting)
  • Dalam fitur video, ada fitur untuk bikin timelapse dengan beberapa Scene yang mencakup pengaturan interval serta jumlahnya, ukuran serta seting yang lain
  • focus stacking yang di Canon ini dinamakan focus bracketing

Sensor EOS M6 II yang sampai resolusi 6960×4640 pixel memiliki detil serta ketajaman yang tinggi, yang tentu saja menuntut lensa yang lebih memiliki resolving power yang tinggi. Sebagai info, sensor di M6 II ini masih dengan low pass filter, jadi walau tidak menghasilkan gambar yang super tajam, tetapi jadi lebih aman dari moire terutama saat merekam video.

Dari bagian fitur videonya juga komplet, ada 4K 25p atau FHD 50p, ada juga HDR video serta high frame rate movie. Ada mic input walau tidak ada headphone jack di EOS M6 II.

Plus : hasil foto, kecepatan, auto fokus, 4K video, bonus fitur berlimpah, ada mode Fv

Minus : burst tidak bisa pakai shutter elektronik, tidak semua charger USB-C bisa dipakai mengisi daya (harus yang Ampere tinggi), tidak ada flat profile untuk video (mengingat kompetitor mulai agresif dalam hal ini).

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *